Kajian Islam Sebagai Usaha Peningkatan Akhlak Peserta Didik Di SDIT Ar Rahmah Yosowilangun

  • Syovinatus Sholicha
Keywords: SDIT, Kajian Islam, Pembiasaan

Abstract

Arus perkembangan teknologi dan pengetahuan menjadikan adanya perubahan pada nilai-
nilai tatanan sosial dan budaya pada masyarakat. Pola hidup masyarakat saat ini menjadi
sangat hedonis, materialis, dan individualis. Pendidikan merupakan bagian pokok dalam
mempengaruhi nilai tatanan sosial dan budaya pada masyarakat khususnya dalam hal ini
adalah peserta didik. Tujuan pendidikan nasional berdasarkan nilai-nilai Islam adalah
peningkatan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dapat dibina melalui pendidikan
agama yang intensif dan efektif. Sehingga penguatan nilai-nilai tauhid dapat menjadi
landasan kehidupan dan berimplikasi pada pribadi peserta didik yang mampu menjadi
pengendali, penyeleksi dan penyaring segala unsur kemajuan kultural yang berkembang
saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kajian Islam sebagai usaha dalam
meningkatkan akhlak peserta didi di SDIT Ar Rahmah Yosowilangun. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian
adanya kajian Islam di SDIT Ar Rahmah Yosowilangun, tingkat kesadaran siswa akan
pentingnya menjalankan Islam secara kaffah, kedisplinan dan tanggung jawab, moral dan
tingkah laku kepada guru dan teman-temannya mengalami peningkatan dan memiliki
dampak terhadap pengembangan diri (akhlak)

Published
2024-04-03