Peran Guru Dalam Penerapan Nilai-Nilai Ta’lim Al-Muta’allim Dalam Pembelajaran Di MTSN Plandi Jombang

  • Sunardi
Keywords: Implementasi, Nilai-nilai, Pembelajaran.

Abstract


Menurut Ali Syafe‟i Manusia adalah makhluk yang tertinggi
derajatnya yang diciptakan Tuhan yang terbaik, terhormat, mulia,
individu, sosial, makhluk bumi pengemban amanat. Sejalan dengan
ketinggian dan kerendahan manusia dalam menjaga kelansungan dan
potensi hidupnya agar tidak mati atau menjadi liar, maka perlu
dilakukan pembinaan dan bimbingan terhadap potensi yang dimilikinya
agar dapat berkembang dengan benar dan terarah. Oleh karena itu,
pendidikan merupakan alternatif penting manusia untuk membina
potensinya. Sementara posisi guru dalam pembelajaran merupahan
sebagai transper ilmu pengetahuan (knowledge oriented) dan
ketrampilan (skill oriented), namun juga berorientasi pada nilai (vules
oriented). Proses pembelajaran yang menekankan pada nilai-nilai
(kejujuran, keharmonisan, saling menghargai, dan kesetaraan) adalah
hal yang tidak disampingkan, apalagi dilakukan. Jenis Penelitian ini
menggunakan penelitian lapangan (field reasearch) dan menggunakan
pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan rancangan teknik

Published
2020-03-21