Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring Pada Kelas Inklusi SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik

  • Murni Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • noor Amirudin Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • muyasaroh Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
Keywords: Implementasi Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus, Inklusi, Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model kurikulum, pelaksanaan pembelajaran PAI, dan evaluasi dari Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Inklusi Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid19 Di SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa ABK, Wali Murid. Berdasarkan analisis data diketahui hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran PAI meliputi 3 proses yaitu model kurikulum, pelaksanaan pembelajaran , dan evaluasi. Model kurikulum berupa pendataan kondisi dan nomor telepon siswa lalu membuat grup WhatsApp, menyiapkan rancangan perencanaan pembelajaran (RPP) sesuai dalam kurikulum kelas inklusi, menyiapkan bahan materi, menentukan media pembelajaran. Pelaksanaan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup pembelajaran. 1) Kegiatan pendahuluan berupa mengisi absensi melalui WA grup dan penyampaian tujuan pembelajaran pada WA grup dan Video Call, 2) kegiatan inti berupa penyampaian materi, sesi tanya jawab dan diskusi, 3) kegiatan penutup berupa penarikan kesimpulan dan penugasan. Penilaian yang dilakukan berupa penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. 1) Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil tes pilihan ganda/uraian, diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan, 2) Penilaian keterampilan dilihat dari hasil penugasan praktek mengaji, bacaan do’a sehari-hari, mempraktikkan hasil capaian pembelajaran. Implementasi PAI pada kelas inklusi berbasis daring menjadikan kegiatan pembelajaran tetap dapat dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

Published
2022-03-12